Etika Menulis di Internet

Perlu diketahui menulis di internet tidaklah sebebas apa yang kita pikirkan. Bahwa internet atau dunia maya juga mempunyai aturan-aturan dan sopan santun yang harus kita pahami seperti tidak menyinggung suatu golongan atau kelompok maupun individu. Sering sekali seseorang menulis semaunya di blog, mengirimkan email atau pesan, maupun mempublish dokumen-dokemen seperti gambar, video, tulisan dan bentuk-bentuk lainnya tanpa memikirkan aturan dan etika.

Sebagai makhluk sosial kita tentunya sering memanfaatkan internet untuk keperluan sehari-hari, sebaiknya kita membaca undang-undang transaksi elektonik yang telah disahkan pada tahun 2008 lalu. Yaitu UU ITE pada BAB VII pasal 27 ayat satu sampai empat dan pasal 28 ayat satu dan dua yang berbunyi :

Pasal 27 :

(1)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian

(3)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan./atau pengancaman

Pasal 28 :

(1)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

(2)   Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Setelah kita mengetahui pasal-pasal mengenai ITE, lalu saya akan membahas perbuatan – perbuatan apa saja yang dilarang, yaitu :

  1. Melakukan penyadapan terhadap informasi elektronis.
  2. Melakukan perbuatan yang menyebabkan terganggunya system elektronis. Salah satu contoh melakukan spam untuk membuat sebuah website tidak berfungsi.
  3. Memanipulasi, mengubah, meghilangkan, merusak dengan tujuan menjadikan suatu informasi elektronis atau dokumen elektronis seperti otentik.
  4. Mengirimkan dan mendistribusikan dokumen elektronis yang bersifat pornografi, judi, menghina dan mencemarkan nama baik, mengancam, membohongi dan menyesatkan, menyinggung SARA dan menakutnakuti. Jadi mengirimkan email ke seseorang yang bernada ancaman bias dijerat dengan pasal perbuatan terlarang yang menyangkut ancaman.
  5. Dengan sengaja tanpa hak mengakses komputer orang lain dengan tujuan memperoleh informasi atau dokumen elektronik, dengan sengaja melakukan pembobolan, penerobosan dan melampaui system keamanan elektronis.

Untuk pembuktian bahwa seseorang melakukan perbuatan terlarang seperti diatas perlu melalui proses pembuktian yang lebih lanjut dan dipertanggungjawabkan.

Sebenarnya hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan pada saat menulis di dunia maya adalah meningkatkan kehati-hatian. Pikirkan kembali apa yang akan kita tulis di dalam internet, jangan sampai sesuatu yang kita tulis menyinggung suatu golongan tertentu ataupun individu karena jika kita telah menulis di internet tulisan kita tersebut akan dilihat oleh masyarakat luas tidak hanya di Indonesia bahkan seluruh dunia. Untuk itu dalam menulis haruslah dipikirkan tujuan yang hendak dicapai dari tulisan tersebut dan kita siap menanggung resiko dari apa yang kita tulis.

Untuk menulis kita harus memikirkan akibat dari tulisan tersebut lebih lanjut. Memang benar adanya bahwa kita mempunyai kebebasan berpendapat, tetapi kebebasan berpendapat itu juga ada batasannya yaitu hak oran lain. Selama pendapat tersebut tidak merugikan orag laindan bermanfaat, kita tidak perlu takut untuk menulis. Bahwa kita harus mengerti tentang etika menulis, seperti menggunakan inisial untuk menunjuk ke seseorang jika bermaksud mengambil pengalaman tentang suatu kasus. Intinya yang harus dikritik di media adalah tindakan yang salah dan bagaimana solusinyua supaya hal itu tidak terjadi lagi.

Sumber

http://dhidik.wordpress.com/2009/06/04/etika-menulis-di-internet/

http://lycanthropehaterz.blogspot.com/2010/10/etika-menulis-di-internet-etika-menulis.html?m=1

Iklan
Categories: Tulisan | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Etika Menulis di Internet

  1. murni

    Good article, ayo kemuka pendapat dengan sopan. Berbagi cerita, pengalaman, ilmu di blog. ajak teman2 yang lain yuks…

  2. mantap gung postnya

  3. bagus gung buat nambah pengetahuan tentang menulis di dunia maya

  4. dhea

    nice info..

    • murni_rk@staff.gunadarma.ac.id

      From: “Media and Information Center” Date: Mon, 12 Nov 2012 15:49:33 To: Reply-To: mediacenter@gunadarma.ac.id, staff@list.gunadarma.ac.id Subject: [STAFF] Pengumuman Lomba Nov 2012 Untuk Mahasiswa Kelas 1 dan 2

      Kepada Yth Bapak dan Ibu Dosen Softskill dan Dosen Wali kelas 1 dan 2 Universitas Gunadarma.

      Bersama ini kami mohon bantuan Ibu dan Bapak Dosen Softskill dan Dosen Wali kelas 1 dan 2 memberitahukan mahasiswa untuk mengikuti lomba dengan 10 kategori khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.

      Edisi November 2012 kali ini diperuntukan hanya bagi mahasiswa Kelas 1 dan Kelas 2. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. Kelompok pemenang dibedakan antara Kelas 1 dan Kelas 2. Untuk kategori lombanya dan File Tata Cara Lomba, silahkan kunjungi website studentsite alamat url sbb:http://studentsite.gunadarma.ac.id.

      Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

      Best Regards,

      Media and Information Center-BAPSI Universitas Gunadarma

  5. Ping-balik: Etika Menulis Di Internet | YANU IRDIANTO PRIANDANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: