Review Jurnal 1- Pemodelan Grafik (Softskill)

Judul Jurnal : Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality

Penulis    : Ully Asfari, Bambang Setiawan, dan Nisfu Asrul Sani

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurnal ini menjelaskan bagaimana membuat sebuah virtual reality terhadap suatu bangunan. Di dalam jurnal tersebut penulis menjelaskan perbedaan dari virtual reality dan augmenteed reality Secara pengertian Virtual Reality merupakan ruang digital dimana seluruh gerakan pengguna dapat diketahui atau dilacak dan mengetahui gambaran sekitarnya. Hasil yang didapat disusun dan ditampilkan ke indra manusia sesuai dengan gerakan-gerakan yang dilakukan sedangkan Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang dapat menggambarkan dan menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yg dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Perbedaan mendasar pada Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yaitu dari proses input terhadap konsol yang digunakan. Pada Virtual Reality (VR) semua data input sudah diprogram sebelumnya, sedangkan pada Augmented Reality (AR) input yang digunakan berasal dari lingkungan sekitar pada konsol tersebut.

Pada tahap desain sistem, aplikasi dibuat menggunakan media augmented reality dengan memanfaatkan fungsi-fungsi tracking objek yang terdapat pada ARToolkit lewat perantara library UnityAR. Sehingga dapat disimpulkan bahwa UnityAR berfungsi sebagai penghubung antara ARToolkit dengan Unity3D.

Pada tahap pembuatan aplikasi penulis menggunakan 3DS max sebagai objek utama dan beberapa objek pelengkap lain. Dilanjutkan dengan proses pengembangan yang mayoritas terjadi di Unity3D.

Kelebihan

  • Pemakaian bahasa dalam penulisan jurnal mudah di pahami.
  • Penulisan pada tahap pembuatan aplikasi di jelaskan secara singkat.

Kekurangan

  • Teori yang dijabarkan dalam jurnal  tidak terlalu banyak
  • Kurangnya  memperhatikan faktor pencahayaan, karena dalam proses pembacaan marker menjadi bermasalah jika kekurangan atau kelebihan cahaya.

Sumber :

Download jurnal

Categories: Tugas | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.