Dampak Teknlogi Handphone di Kalangan Remaja

Gambar

Teknologi di zaman sekarang sangatlah tidak asing bagi kalangan remaja. Karena kebutuhan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi dikarenakan pertumbuhan teknologi sangatlah bertumbuh dengan pesat, setiap tahun, setiap bulan bahkan setiap jam-pun ada saja tenologi-teknologi terbaru.

Kalau berbicara mengenai teknologi tidak lepas dari barang – barang elektronik seperti televisi, radio, komputer, handphone (hape), bahkan yang sedang nge-trend dikalangan remaja sekarang yaitu pc tablet. Remaja di zaman sekarang tidak lepas dari pertumbuhan teknlogi, setiap hari selalu ada saja benda – benda berbau teknologi di kehidupan remaja contohnya  yaitu telepon genggam atau yang dikenal dengan sebutan hp.

Hp / handphone sangatlah begitu penting bagi suatu kehidupan manusia. Pada awal kemunculannya, handphone diciptakan untuk memudahkan berkomunikasi antar manusia. Namun seiring bertambahnya tahun demi tahun handphone tidak saja digunkan sebagai alat komunikasi semata. Namun terdapat juga beberapa fitur – fitur lainnya seperti browsing, games, kamera, dan lain lain. Dari situlah berepa orang ingin memunyai handphone tak terkecuali para remaja di Indonesia.

Namun seiring perkembangan zaman, para pengguna handphone khususnya para remaja ada saja yang sering menyalah gunakannya, yaitu untuk melihat hal-hal yang semestiya tidak patut untuk mereka lihat. Tetapi ada juga beberapa manfaat bagi penguna handphone. Berikut dampak positif maupun negatif bagi pengguna handphone di kalangan remaja :

Dampak Positif

  • Mempermudah dalam hal komunikasi
  • Menambah pengetahuan seseorang
  • Memperluas jaringan persahabatan

Dampak Negatif

  • Efek radiasi.

Para Pengguna handphone harus berhati-hati  dan bijaksana dalam memilih atau menggunakan handphone. Kalau tidak akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

  • Rawan terhadap tindak kejahatan.

Sebaiknya para pengguna handphone  harus berhati-hati dalam menggunakan handphone ditempat umum seperti terminal bis, stasiun kereta, halte, dan tempat umum lainnya. Janganlah selalu menunjukkan handphone andadi tempat umum. Hal ini dapat mengakibatkan pengguna handphone menjadi korban tindak kejahatan.

  • Menggangu perkembangan para remaja.

Dengan adanya tambahan-tambahan fitur seperti kamera, internet ataupun games  hal ini akan mengakibatkan konsentrasi para remaja terganggu dalam menerima pelajaran di sekolah maupun perkuliahan.

  • Pemborosan.

Dengan mempunyai handphone maka pengeluaran uang akan menjadi lebih boros. Hal ini tentu saja dapat di minimalir dengan menggunakan handphone seperlunya saja.

  • Mempengaruhi sikap para remaja.

Sebaiknya para orang tua mengontrol anaknya dalam mengunakan handphone. Jika tidak, handphone bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak baik seperti menyebarkan gambar-gambar porno. Padahal hal tersebut tidak patut untuk dilihat.

  • Membentuk sifat hedonisme pada diri para remaja.

Jadi hal yang terpenting dalam menggunakan handphone ialah gunkanlah handphone sebijak mungkin. Sekian penulisan dari saya semoga bermanfaat bagi yang membacanya 🙂

Categories: Tugas | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.